BREBES, Lingkar.news – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Kabupaten Brebes telah menyiapkan 290 orang juru sebelih halal (Juleha) yang akan ditugaskan di desa masing masing, agar cara penyembelihan hewan kurban sesuai dengan syariat Islam.

Menjelang perayaan Hari Raya Idul Adha atau hari raya kurban, DPKH Kabupaten Brebes melaksanakan apel Juleha yang dilaksanakan di rumah potong hewan di Desa Jatibarang, Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Kepala DPKH Kabupaten Brebes, Ismu Subroto mengatakan, di wilayah kerjanya ada sekitar 290 Juleha yang sudah menjalani bimtek dan memiliki sertifikat sebagai juleha yang handal.

Dari 290 orang Juleha ini, diharapkan bisa tersebar ke setiap desa se-Kabupaten Brebes yang nantinya di setiap kecamatan terdapat  Juleha yang akan membantu dan memberikan sosialisasi kepada petugas jagal hewan di masjid-masjid.

Sedangkan tujuan diadakan pelatihan dan bimtek Juleha ini, lantaran petugas DPKH yang berada dilapangan sering menemui kekeliruan tukang jagal hewan kurban yang salah dalam penanganan hewan kurban, seperti hewan kurban yang telah disebelih namun belum mati, sudah ditusuk jantungnya dan dikuliti.

“Kita berharap satu desa satu Juleha, dan semua kecamatan sudah mengikuti pelatihan ini,” kata kepala DPKH Brebes, Ismu Subroto.

Ismu berharap, dengan adanya para Juleha ini, maka daging kurban yang akan dibagikan pada warga dalam kondisi aman, sehat, dan halal.

Sementara itu, menurut data DPKH Brebes, untuk Idul Adha tahun ini, jumlah hewan kurban sekitar 3.000 ekor sapi dan 34.000 ekor kambing serta domba yang akan dikurbankan. (Lingkar Network | Gus Fadillah – Lingkar TV)

By admin