JAKARTA, Lingkar.news Anggota Tim 8 perwakilan Partai NasDem Sugeng Suparwoto mengatakan, bakal calon presiden (bacapres) yang diusung oleh Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Rasyid Baswedan telah mengantongi nama bakal calon wakil presiden (bacawapres) untuk Pilpres 2024.

“Satu nama sudah di kantong bacapres Anies. Mari kita tunggu, siapa tahu sekembali Pak Anies dari ibadah haji akan ditentukan momentum terbaik untuk mendeklarasikan pasangan capres-cawapres Koalisi Perubahan,” ujar Sugeng dalam keterangan yang diterima di Jakarta, pada Rabu, 21 Juni 2023.

Ia mengatakan bahwa, dua hari sebelum berangkat menunaikan ibadah haji, Anies Rasyid Baswedan mengumpulkan dan memimpin langsung rapat dengan Tim 8 di Sekretariat KPP, kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, pada Selasa, 20 Juni 2023.

Demokrat Ancam Mundur dari KPP Jika NasDem Tak Segera Umumkan Cawapres Anies

Tim 8 terdiri atas 8 orang yang merupakan perwakilan dari Anies Baswedan dan 3 partai politik pengusung Anies Baswedan, yakni Partai Demokrat, PKS, dan NasDem. Anies memandatkan tim kecil Koalisi Perubahan untuk menggodok cawapres yang akan mendampinginya pada Pilpres 2024.

Sudirman Said, anggota Tim 8 yang mewakili Anies Baswedan menjelaskan bahwa, dalam pertemuan tersebut, Anies menugaskan Tim 8 untuk mulai mempersiapkan langkah konkret ke depan.

“Pak Anies meminta agar Tim 8 mulai terus bergerak maju memikirkan hal-hal teknis, termasuk melengkapi struktur tim pemenangan nasional, kegiatan bersama tiga partai koalisi, dan opsi waktu deklarasi pasangan capres dan cawapres,” ujar Sudirman.

AHY Ungkap Alasan Desak Anies Baswedan Segera Tentukan Cawapres

Sementara itu, Sekretaris Jenderal Partai Demokrat Teuku Riefky Harsya yang juga anggota Tim 8 menyatakan bahwa, Partai Demokrat siap untuk berkolaborasi dengan seluruh anggota koalisi dan relawan Anies Baswedan.

“Struktur dan kader Partai Demokrat telah merapatkan barisan bersiap untuk turun bersama dengan para kader partai koalisi, dan Relawan Pro Perubahan di seluruh Indonesia,” kata Teuku Riefky.

Menurut Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman, arahan yang dipimpin langsung Capres Anies Baswedan merupakan bentuk kepastian bahwa KPP terus melaju.

“Pembahasan rapat ini menandakan tahapan kerja politik Koalisi Perubahan berjalan secara konstruktif dan progresif. Bismillah, kami siap berlayar menuju kemenangan Pilpres 2024,” kata anggota Tim 8 perwakilan dari PKS ini.

Berdasarkan jadwal yang telah ditetapkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, pendaftaran bakal calon presiden dan wakil presiden dijadwalkan dimulai pada 19 Oktober sampai dengan 25 November 2023. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

By admin