JEPARA, Lingkar.news Ketua DPRD Jepara Haizul Ma’arif mengimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan di tengah transisi musim yang terjadi saat ini.

“Saya harapkan masyarakat untuk bisa menjaga kesehatan, karena saat ini sedang masa transisi musim hujan ke musim kemarau,” kata Gus Haiz sapaan lekat Haizul Ma’arif.

Ia berharap, masyarakat bisa menghemat penggunaan air dan memaksimalkan cadangan air yang ada dalam menghadapi musim kemarau.

Sebelumnya, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memperkirakan Indonesia akan mengalami kekeringan panjang akibat fenomena El Nino yang kemungkinan terjadi pada Juli hingga akhir tahun 2023. 

BMKG menyampaikan, El Nino adalah fenomena pemanasan suhu muka laut (SML) di atas kondisi normal yang terjadi di Samudra Pasifik bagian tengah.

BMKG pun menyebut, musim kemarau yang sudah dirasakan di beberapa wilayah Indonesia akan berlangsung lebih panjang daripada tahun sebelumnya karena El Nino.

Oleh sebab itu, Gus Haiz meminta kewaspadaan dan upaya antisipasi dari masyarakat setempat terkait dampak bencana kekeringan.

“Saya minta masyarakat bisa menghemat air untuk menghadapi musim kemarau. Ini sangat penting, untuk mengantisipasi kekeringan di beberapa wilayah,” ujar Gus Haiz.

Selanjutnya, Gus Haiz meminta masyarakat dapat mengkomunikasikan dengan pemerintah apabila terjadi kekeringan dan kekurangan air bersih di wilayah masing-masing.

“Kalau sekiranya perlu bantuan pemerintah seperti dropping air atau sebagainya, bisa sampaikan langsung ke pemerintah. Pemerintah siap membantu masyarakat terkait permasalahan yang ada,” tandasnya. (Lingkar Network | Tomi Budianto – Koran Lingkar)

By admin