JAKARTA, Lingkar.news Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri akan mengumumkan bakal cawapres 2024 untuk mendampingi bakal calon presiden (capres) usungan PDI Perjuangan Ganjar Pranowo pada September 2023.

“Jadi Juli-Agustus 2023 bulan-bulan penggodokan, pematangan. Kemudian September 2023, tentu saja ini kewenangan dari Ibu Ketua Umum untuk nanti mengumumkan calon wakil presiden,” ujar Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto dalam rekaman video di Jakarta, pada Selasa, 4 Juli 2023.

Hasto mengatakan bahwa, sebelum melakukan pengumuman cawapres 2024, PDI Perjuangan akan berkoordinasi dengan seluruh ketua umum partai politik yang mengusung Ganjar Pranowo. Selain itu, PDI Perjuangan akan berkoordinasi dengan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Adapun partai yang hingga kini telah menjalin kerja sama politik bersama PDI Perjuangan dalam rangka mengusung Ganjar Pranowo adalah PPP, Hanura, dan Perindo.

“Jadi kita tunggu momentum yang tepat,” kata Hasto.

Dalam kesempatan tersebut, Hasto menjelaskan bahwa bulan Juli dan Agustus 2023 akan menjadi momentum penggodokan dan mencari perpaduan terbaik untuk menemukan cawapres 2024 yang akan mendampingi Ganjar Pranowo.

Dalam mencari pasangan cawapres, PDI Perjuangan akan mempertimbangkan aspek dwitunggal dengan kepemimpinan Ganjar dan elektoral.

“Sehingga kesatupaduan dwitunggal kepemimpinan Pak Ganjar dengan wakilnya nanti yang akan mendampingi dipastikan mendapatkan dukungan terbesar dari rakyat Indonesia,” kata Hasto.

Ia mengatakan, sosok calon wakil presiden (cawapres) yang mendampingi Ganjar Pranowo tentunya harus menjadi pelengkap dari aspek kepemimpinan yang dimiliki capres PDI Perjuangan. Menurut dia, PDI Perjuangan meneladani sosok kepemimpinan seperti Bung Karno dan Bung Hatta.

Sosok calon wakil presiden itu, lanjut Hasto, tentunya yang mempunyai kemampuan profesional dan PDI Perjuangan mencari yang terbaik dan saling melengkapi kepemimpinan untuk rakyat.

“Kemampuan teknik, taktik, dan mampu menyebarkan apa yang menjadi Rapat Kerja Nasional (Rakernas) PDI Perjuangan yaitu fakir miskin dan anak telantar dipelihara negara,” ucapnya.

Menurut Hasto, ada 10 nama bakal calon wakil presiden yang mendampingi Ganjar Pranowo, dan nama-nama tersebut berada di tangan Ketua Umum, antara lain Sandiaga Uno, Erick Thohir, Mahfud MD, Agus Harimurti Yudhoyono, Muhaimin Iskandar, Basuki Tjahaya Purnama dan lainnya yang muncul di kalangan publik.

“Sampai sekarang nama-nama di tempat Ibu Megawati Soekarnoputri ada 10 nama bakal calon wakil presiden akan mendampingi pak Ganjar Pranowo,” pungkasnya. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

By admin