KENDAL, Lingkar.news – Selama Pekan Raya Kendal 2023, RSUD dr. H. Soewondo Kendal membuka stan pelayanan konsultasi gratis bersama dokter spesialis. Melalui kegiatan tersebut, masyarakat diharapkan lebih mengenal pelayanan-pelayanan yang ada di RSUD Soewondo Kendal.

Hal tersebut disampaikan Direktur RSUD Soewondo Kendal, dr. Saikhu, usai meninjau lokasi stan yang berada di sisi sebelah kiri gerbang masuk halaman Stadion Utama Kendal.

Salah satu pelayanan kesehatan yang dikenalkan adalah layanan ESWL atau Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy. Yaitu layanan pemecah batu ginjal dan batu saluran kemih tanpa tindakan operasi atau tanpa pembedahan dan pembiusan.

RSUD Soewondo Kendal Buka Layanan Konsultasi Gratis selama PRK 2023

“ESWL adalah tindakan untuk menangani penyakit batu ginjal. Dan prosedurnya ini menggunakan gelombang kejut yang akan ditembakkan dokter dari luar tubuh untuk memecah batu menjadi pecahan yang halus. Sehingga, pecahan tersebut dapat keluar bersama dengan air seni,” jelasnya.

dr. Saikhu menambahkan, RSUD Soewondo Kendal juga sudah melaksanakan pelatihan-pelatihan terhadap petugas yang berkaitan dengan layanan ESWL. Sehingga tenaga kesehatan dipastikan sudah terlatih.

“Harapannya dengan adanya layanan ESWL, pasien dapat kita tangani dengan baik dan tidak harus dibedah atau dirujuk ke rumah sakit di Semarang. Karena di RSUD Kendal sudah ada layanannya,” harapnya. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

By admin