TEGAL, Lingkar.news – Seorang bakal calon legislatif (Bacaleg) DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) memutuskan untuk mengundurkan diri.

Bacaleg DPR RI yang juga merupakan seorang pengusaha kain sarung terbesar se-karesidenan Pekalongan, Jawa Tengah ini mundur, lantaran memilih fokus mengembangkan UMKM.

Jamaludin Al Katiri, pengusaha sarung Brand Pohon Korma sekaligus pemilik Asaputex Jaya, memilih mundur sebagai Bacaleg DPR RI dari Fraksi PKS, setelah persyaratannya terpenuhi dan diserahkan ke KPU.

Jamaludin mencabut kembali persyaratan yang sudah diserahkan ke KPU, pada Kamis, 1 Juni 2023 lalu dengan berbagai pertimbangan.

Jamaludin menjelaskan, alasan pengunduran dirinya sebagai Bacaleg DPR RI demi memfokuskan diri terhadap pengembangan UMKM di Pantura Barat, Jawa Tengah.

Ia mengaku tidak ada persoalan dan kendala dalam tahapan rencana pencalonan dirinya di internal partai.

Menurut rencananya, jamal akan mengembangkan potensi UMKM yang meliputi tekstil hingga kebutuhan pangan lewat kerja sama eksportir. Ke depannya, akan membuat kantor UMKM di Kota Tegal untuk memajukan UMKM seluruh nusantara.

 “UMKM Perlu pembinaan, bukan hanya untuk produksi, tapi untuk penjualan juga. Jadi saya pastikan, lebih senang mengambil jalur hukum pengembangan industri UKM yang bukan hanya tekstil, seperti Batik Tegalan dan makanan seperti kacang asin, pilus, begitu juga dengan pertanian yang ada di Tegal. Tapi semua kami pusatkan untuk komoditi ekspor,” kata Jamaludin Al Katiri.

Jamal menduga, jika dirinya terjun ke dunia politik, justru akan berdampak buruk pada pengembangan UMKM yang saat ini sedang dijalani. Mengingat, selama ini relasinya berasal dari berbagai macam partai. (Lingkar Network | Gus Fadillah – Lingkar TV)

By admin