KUDUS, Lingkar.news – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kudus melakukan kunjungan kerja (kunker) ke Kabupaten Sleman, Yogyakarta, beberapa waktu lalu. Hal ini dilakukan DPRD Kudus sebagai salah satu bahan pertimbangan dalam menyusun kebijakan. 

Melalui kunjungan kerja tersebut, DPRD Kudus menemukan solusi untuk mengatur pengelolaan sampah, yaitu dimulai dari pembentukan karakter sumber daya manusia (SDM).

Ketua Komisi C DPRD Kudus, Rochim Sutopo mengatakan, mengelola sampah dimulai dari manusianya, seperti memiliki kesadaran dalam memilah sampah rumah tangga.

“Menumbuhkan kesadaran terhadap karakter manusia untuk membuang sampah rumah tangga. Pendidikan karakter ini akan dikembangkan dengan baik, dari tingkat RT maupun RW,” kata Rochim Sutopo saat ditemui di Gedung DPRD Kudus, pada Kamis, 15 Juni 2023.

Melalui pendidikan karakter, tambahnya, masyarakat bisa memilah sampah organik dan non organik. Sehingga produksi sampah bisa tertangani lebih baik. 

“Persoalan sampah ini menjadi sangat krusial. Karakter SDM dan infrastruktur harus dibangun bersamaan. Ini merupakan tugas dari eksekutif dan legislatif untuk memberikan anggaran pendidikan karakter di sekolah maupun masyarakat,” ujarnya.

Rochim menjelaskan bahwa, pendidikan karakter mengenai pengelolaan sampah nantinya akan diusulkan pada rapat perubahan bersama Bupati Kudus, HM Hartopo. (Lingkar Network | Ihza Fajar – Koran Lingkar)

By admin