KENDAL, Lingkar.news – Bupati Kendal Dico M Ganinduto mengaku bahwa kedatangan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka di acara Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418 merupakan bentuk persahabatan antara dirinya dan Wali Kota Solo.

“Biasa aja, kita kan tetangga di Jawa Tengah, ada ulang tahun kita undang dan hadir. Ya ini menandakan persahabatan antara saya dan Mas Gibran. Beliau hadir di sini sebagai kehormatan bagi kami Kabupaten Kendal,” kata Bupati Dico.

Sementara itu, Wali Kota Surakarta, Gibran mengatakan bahwa kehadirannya ke Kendal karena diundang oleh Bupati Kendal Dico M Ganinduto. Namun saat ditanya terkait dirinya yang sering dipasangkan dengan Dico dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng, Gibran menyampaikan belum mau membahas hal tersebut.

“Ya karena ada undangan, belum ada kesan-kesannya karena saya belum keliling-keliling Kendal,” jawabnya Gibran singkat.

Pilgub Jateng 2024, Chacha Tanggapi Wacana Bupati Dico Maju Bareng Gibran

Sebelumnya, dengan mengenakan busana tradisional dan diiringi Sinok-Sinang Kendal, Bupati Kendal Dico M Ganinduto berjalan menuju podium untuk memimpin jalannya Upacara Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418 yang digelar di Stadion Utama Kebondalem Kendal, pada Jumat, 28 Juli 2023.

Upacara Hari Jadi Kabupaten Kendal ke-418 kali ini, dihadiri Wali Kota Surakarta, Jawa Tengah Gibran Rakabuming Raka. Dalam upacara tersebut, Gibran terlihat mengikuti prosesi upacara hingga selesai dan menyalami peserta upacara serta mengunjungi stan pameran yang ada di Pekan Raya Kendal (PRK).

“Semoga seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Kendal bisa bekerja secara efektif dan efisien untuk memberikan kontribusi dan pelayanan yang terbaik terhadap seluruh masyarakat yang ada di Kabupaten Kendal. Semoga Kabupaten Kendal ke depan menjadi kabupaten yang jauh lebih maju pembangunannya dan masyarakatnya jauh lebih sejahtera,” ujarnya.

Dijodohkan dengan Gibran di Pilgub Jateng, Bupati Dico Tunggu Perintah Partai

Pada kesempatan tersebut, Bupati Dico menyampaikan empat pilar pembangunan ekonomi yang ditetapkan di Kabupaten Kendal. Yakni industri, pariwisata, UMKM dan generasi 4.0 atau pengembangan sumberdaya manusia.

“Bahwa perkembangan empat pilar ekonomi yang sudah kita tetapkan tahun 2022, investasi di bidang industri Kabupaten Kendal merupakan investasi terbesar sepanjang masa yang pernah ada di Kabupaten Kendal dan baru pertama kali Kabupaten Kendal masuk ke dalam lima besar investasi terbesar di Jawa Tengah pada tahun 2022,” terangnya.

Sementara terkait perkembangan pariwisata, pada tahun 2022, wisatawan yang datang ke Kabupaten Kendal merupakan tahun terbanyak sepanjang masa di Kabupaten Kendal. Yakni mencapai angka 1,7 juta wisatawan.

“Yang ketiga, perlu saya laporkan, berdasarkan data yang kami peroleh dari BPS pada tahun 2022 bahwa laju pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kendal 5,8 persen lebih tinggi daripada rata-rata di Provinsi Jawa Tengah maupun rata-rata secara nasional dan peningkatan yang paling tinggi sepanjang masa yang ada di Kabupaten Kendal,” jelas Bupati Dico. (Lingkar Network | Arvian Maulana – Koran Lingkar)

By admin