PATI, Lingkar.news – Pemerintah Kecamatan Dukuhseti Pati, Jawa Tengah mempunyai cara tersendiri menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan RI. Dipimpin camat setempat, kegiatan Renungan Malam dipusatkan di makam salah satu leluhur desa di wilayah paling utara di Kabupaten Pati.

Tepat pukul 00.00 WIB, tanggal 17 Agustus tengah malam, Camat Dukuhseti Agus Sunarko, S.STP., M.Si. memimpin kegiatan renungan malam. Acara diawali dengan ziarah dan doa bersama di makam leluhur Nyai Ageng Pandansili di Dukuh Ngarengan, Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

“Ini adalah rangkaian Peringatan HUT ke-78 RI di Dukuhseti. Yaitu Kegiatan Apel Kebangsaan dan Renungan Malam. Kita wajib bersyukur atas apa yang diperjuangkan para leluhur seperti Nyai Ageng Pandansili ini,” terang Camat Agsun.

Dikatakan, dengan kegiatan yang juga diikuti warga, personil TNI-Polri, anggota Pramuka hingga ormas ini, akan tumbuh keterikatan untuk meneruskan apa yang diperjuangkan para leluhur.

“Kita memilih lokasi Makam Nyai Ageng Pandansili bukan tanpa sebab. Salah satunya, karena di sini merupakan wilayah paling utara di Kabupaten Pati yang berbatasan langsung dengan Jepara,” tambahnya.

Camat Agsun juga merencanakan, nantinya setiap ada hari besar nasional yang berkaitan dengan kepahlawanan, maka akan diadakan apel kebangsaan di lokasi leluhur secara bergantian.

“Harapannya agar kita sebagai generasi penerus tidak lupa akan sejarah. Tidak menjadi bangsa yang lupa akan jasa perjuangan para leluhur. Dan yang tak kalah penting adalah agar sebagai bangsa tidak lupa terhadap leluhur cikal bakal kita,” pungkasnya. (Lingkar Network | Koran Lingkar)

By admin