PATI, Lingkar.news – Puluhan ribu warga tampak memadati sepanjang rute pawai kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati. Meski cuaca panas, namun tak menyurutkan semangat masyarakat untuk menyaksikan iring-iringan pawai. Mereka tampak antusias merekam iring-iringan pawai perdana tersebut dengan gadget.

Barisan pawai terdiri dari para juru kunci, 5 pasukan berkuda yang menggambarkan karir Ki Ageng Penjawi, barisan bendera merah putih yang dibawa oleh anak-anak Pramuka.

Kemudian barisan pegiat budaya tampak mengenakan beskap hitam, dilanjutkan barisan kereta kencana yang membawa Polres, Dandim, Forkopimda dan Penanggung Jawab Pawai Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati, Agus Sunarko, S.STP., M.Si.

Selanjutnya  5 gunungan yang menyimbolkan sebagai rukun Islam. Gunungan tersebut berisi sayur, ada buah-buahan, polo pendem, kemudian ada makanan yang siap dimakan. Jumlah masing-masing jenis makanan itu ada 9 macam yaitu 9 macam sayuran, 9 macam polo pendem, 9 macem buah-buah.

Pemilihan 9 macam jenis makanan tersebut mengandung makna filosofis yang menyimbolkan Walisongo. Karena Ki Ageng Penjawi merupakan keturunan dari Walisongo.

Tampak para peserta pawai mengenakan pakaian adat Jawa, batik khas Bakaran khas Juwana Pati. Kemudian para barisan juru kunci juga mengenakan pakaian adat berwarna putih.

Rombongan pawai mulai bergerak dari halaman Maqam Ki Ageng Penjawi Pati menuju Jalan Dr. Susanto kemudian lanjut ke Jalan Dr. Wahidin menuju Alun-Alun Pati.

Selanjutnya rombongan memasuki Pendopo Kabupaten Pati untuk melaksanakan apel ke-1 Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati.

Kemudian rombongan akan meninggalkan Pendopo dengan membawa gunungan makanan dari Pj Bupati Pati, Kapolresta, dan Dandim, berjalan ke melalui Jalan P. Sudirman, belok Jalan Kiai Saleh, menyeberang Jalan Ki Ageng Penjawi dan kembali ke Maqam untuk membagikan gunungan makanan dan ratusan doorprize untuk masyarakat.

Dalam pawai tersebut, barongan, reog dan marching band tampak menghibur warga dengan atraksi. Tak hanya itu, Pawai Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati juga membuka peluang usaha bagi masyarakat sekitar. Hal ini dibuktikan dengan beberapa warga yang memanfaatkan kesempatan tersebut untuk berjualan minuman dingin.

Sementara itu, pserta pawai tampak bersemangat menyapa warga sekitar yang sedang menyaksikan iring-iringan pawai, termasuk Penanggung Jawab Pawai Kirab Napak Tilas Ki Ageng Penjawi Kebangkitan Pati, Agus Sunarko, S.STP., M.Si. yang didampingi sang istri, tampak menyapa warga sekitar dengan melambaikan tangan dari kereta kencana. (Lingkar Network | Lingkar TV)

By admin