SEMARANG, Lingkar.news – Polda Jawa Tengah mengatakan 42 kamera “electronic traffic law enforcement” (ETLE) statis yang tersebar di berbagai daerah di provinsi ini siap mendukung penegakan hukum selama pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2023 yang akan berlangsung mulai 4 hingga 17 September 2023.

“Sebanyak 42 kamera ETLE statis yang terpasang di persimpangan jalan di berbagai daerah,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Jawa Tengah Kombes Pol.Agus Suryonugroho saat Apel Pasukan Operasi Zebra Candi 2023 di Semarang, Senin, 4 September 2023.

Selain itu, kata dia, terdapat 820 kamera di tangan dan helm petugas yang digunakan untuk merekam pelanggaran lalu lintas selama Operasi Zebra Candi.

Pada Operasi Zebra Candi tahun ini, lanjut dia, Polda Jawa Tengah akan mulai menggunakan pesawat tanpa awak atau drone dengan kamera ETLE untuk merekam pelanggaran lalu lintas.

“Penegakan hukum dengan menggunakan ETLE, tilang manual hanya dilakukan pada pelanggaran tertentu,” katanya.

Selain berkendara melawan arah, lanjut dia, balap liar menjadi sasaran yang mendapat perhatian dalam pelaksanaan operasi zebra ini.

Ia menuturkan terdapat sembilan pelanggaran lalu lintas yang menjadi sasaran dalam Operasi Zebra Candi 2023

Operasi Zebra Candi ini, kata dia, menargetkan penurunan angka pelanggaran dan kecelakaan lalu lintas.

“Tingkatkan ketertiban berlalu lintas, ciptakan kepercayaan publik terhadap Polri,” katanya. (Lingkar Network | Anta – Lingkar.news)

By admin