Solo, LINGKAR.NEWS – Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengatakan Kota Solo siap jika ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah pertandingan sepak bola Piala Dunia U-17 2023.

“Solo siap karena sebelumnya Stadion Manahan telah dipersiapkan untuk Piala Dunia U-20 pada 2023 ini, sehingga, fasilitas seluruhnya sudah standar FIFA, tetapi batal,” kata Gibran di Solo, Sabtu, 25 Juni 2023.

Menurut Gibran, Stadion Manahan
Solo akan dipersiapkan untuk menjadi salah satu tempat pertandingan Piala Dunia U-17, tetapi masih menunggu arahan dari Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

“Saya sudah koordinasi dengan beliau (Ketum PSSI), pada Jumat (23/6) malam, soal tuan rumah Piala Dunia U-17,” kata Gibran.

Sebelumnya, Ketua Umum PSSI Erick Thohir dalam kunjungan kerja di Stadion Manahan Solo di Provinsi Jawa Tengah, juga telah menyatakan stadion yang ditunjuk menjadi salah satu tempat penyelenggaraan pertandingan sepak bola Piala Dunia U-20 tersebut sudah sangat siap.

Dewan FIFA menunjuk Indonesia untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 melalui pernyataan resmi FIFA yang dirilis pada Jumat (23/6) malam.

Keputusan itu dikeluarkan bersamaan dengan pengumuman FIFA yang menunjuk Amerika Serikat (AS) untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia Klub 2025, yang menggunakan format baru yakni mempertandingkan 32 tim.

Dewan FIFA juga menunjuk Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17, Kolombia sebagai tuan rumah Piala Dunia putri U-20 2024, Republik Dominika sebagai tuan rumah Piala Dunia putri 2024, dan Uzbekistan sebagai tuan rumah Piala Dunia Futsal FIFA 2024. Kerangka waktu masing-masing kompetisi itu akan dikonfirmasi dalam waktu dekat.

Menurut Ketua Umum PSSI Erick Thohir, ia bersyukur badan sepak bola dunia FIFA menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

“Saya hanya bisa mengucapkan rasa syukur dan alhamdulillah karena FIFA Council mengambil keputusan bersama untuk menunjuk Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 tahun ini. Ini salah satu bentuk kepercayaan dunia kepada Indonesia di bawah kepemimpinan Bapak Presiden Joko Widodo,” katanya.

Indonesia ditetapkan menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 melalui keputusan bersama pada sidang FIFA Council yang digelar di Markas FIFA, Zurich, Swiss. Sejauh ini, FIFA mengagendakan FIFA U-17 World Cup 2023 digelar 10 November hingga 2 Desember tahun ini.

Meskipun demikian, Erick menuturkan pihaknya belum mendapat surat pemberitahuan secara resmi.

“Ini baru pengumuman yang dilansir dari FIFA pada sidang FIFA Council Jumat malam di Zurich. Kini yang terpenting, bagaimana Indonesia menyiapkan diri agar menjadi tuan rumah yang baik,” kata Erick. (ARA – LINGKAR.NEWS)

By admin