SEMARANG, Lingkar.news – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana menyakini bahwa generasi muda mampu dan berperan penting untuk menciptakan perhelatan pemilu yang damai, kondusif, dan toleran. maka dari itu Nana mengajak mahasiswa dan genersi muda untuk berperan aktif mengawal Pemilu 2024 secara damai. 

“Kami mengajak pihak kampus dan mahasiswa ikut menjalankan perannya. Mahasiswa ini kami harapkan dapat berperan sebagai kontrol sosial dan fasilitator, juga memberikan advokasi sekaligus edukator,” kata Nana Sudjana dalam acara Pj Gubernur Sambang Kampus dan Seminar Kebangsaan di Kampus Universitas Diponegoro, Jumat, 27 Oktober 2023. 

Ia mengungkapkan, generasi muda akan mendominasi daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilu kali ini.  Khususnya di Jateng yang sudah memiliki jumlah DPT sebanyak 28.289.413 orang. Dari jumlah tersebut ada sekitar 32,05 persen atau 9.065.832 orang merupakan pemilih kategori milenial dan 20,83 persen atau 5.891.384 orang pemilih kategori generasi Z atau Gen-Z. 

“Kami melihat bahwa mahasiswa termasuk dalam generasi Z dan milenial. Generasi tersebut adalah generasi terbesar yang akan melakukan pemungutan suara. Makanya kami mengajak rekan-rekan ini untuk melaksanakan hak pilihnya dan juga mahasiswa ini kita harapkan berperan dalam kontrol sosial,” jelas Nana.

Nana menjelaskan, hal yang bisa dilakukan oleh mahasiswa untuk menciptakan pemilu damai yakni memantau, memberikan masukan selama tahapan pemilu, serta berperan aktif memberantas berita bohong atau hoaks. Selain itu, mahasiswa juga diimbau untuk bijak dalam menggunakan media sosial.

“Sebelum kita mengambil tindakan harus mengecek betul, harus ada sumber lain sebagai pembanding,” jelas Nana. (Lingkar Network | Rizky Syahrul – Lingkar.news)

By admin