TMMD Sengkuyung Tahap III di Batang Bangun Infrastruktur dan Berantas Stunting

BATANG, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang bersama Komando Distrik Militer (Kodim) 0736/Batang fokus dalam pembangunan infrastruktur dan penurunan angka stunting, pada program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III.

Penjabat (Pj) Bupati Batang Lani Dwi Rejeki mengatakan bahwa, pada program TMMD Sengkuyung Tahap III tidak hanya fokus pada kegiatan yang telah diprogramkan, namun pasti akan melebihi target sasaran lainnya.

“Kami yakin pasti ada over prestasi seperti penambahan panjang jalan hingga mungkin akan ada penambahan sarana prasarana penunjang lainnya, termasuk pada penurunan kasus stunting,” pada Pj Bupati Batang, pada Rabu, 20 September 2023.

Pada acara peletakan batu pertama kegiatan TMMD Sengkuyung Tahap III di Desa Pesalakan, Kecamatan Bandar, Pj Bupati Batang mengatakan, fokus lain yang tidak kalah penting yaitu sasaran nonfisik seperti penyuluhan tentang keamanan dan ketertiban masyarakat, wawasan kebangsaan, keluarga berencana, dan stunting.

“Saat ini, Pemkab masih konsentrasi dalam penanganan stunting. Oleh karena itu, penurunan angka stunting menjadi fokus Pemkab dan Kodim 0736/Batang, dan instansi terkait,” ujarnya.

Ia menyebutkan, berdasarkan data Mei 2023 angka stunting di daerah yang semula mencapai 14 persen kini sudah mulai menurun hingga 9,3 persen.

Pada program TMMD Tahap III di Kecamatan Bandar akan dilakukan perbaikan infrastruktur jalan desa berupa rabat beton sepanjang 880 meter, lebar 3 meter dengan ketebalan 12 sentimeter.

Komandan Kodim 0736/Batang, Letkol Infanteri Ahmad Alam Budiman mendukung penuh perbaikan infrastruktur di desa setempat agar kesejahteraan masyarakat terus meningkat.

“Jalan desa itu merupakan salah satu infrastruktur yang menghubungkan dengan wilayah lainnya. Oleh karena itu, dengan pembangun jalan rabat beton bisa lebih awet dan berharap warga bisa merawatnya,” tuturnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)