Operasi Pasar, Pemkab Batang Sediakan Ratusan Paket Sembako Murah

BATANG, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang mengintensifkan kegiatan program operasi pasar murah dengan menjual kebutuhan pokok di bawah harga pasar untuk menjaga kestabilan harga dan menekan inflasi. Dalam program tersebut, Pemkab batang menyediakan 200 paket sembako.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pangan dan Pertanian (Dispaperta) Kabupaten Batang, Wahyu Budi Santosa mengatakan, kegiatan operasi pasar tersebut kini sudah memasuki putaran kelima dengan menyasar warga di Kecamatan Blado.

“Respons warga sangat baik dengan digelarnya program operasi pasar murah tersebut karena seluruh kebutuhan pokok masyarakat yang dijual di bawah harga pasar,” kata Wahyu, pada Kamis, 26 Oktober 2023

Tekan Inflasi, Pasar Pangan Murah di Batang bakal Digelar di 8 Kecamatan

Ia yang didampingi Kepala Bidang Ketahanan Pangan, Dewi Wuryanti mengatakan pada kegiatan operasi pasar murah putaran kelima, pihaknya menyediakan 200 paket sembako berupa beras, telur, dan bawang merah.

Pada operasi pasar murah tersebut, harga beras dijual Rp12.000 per kilogram atau lebih murah dibanding harga di pasaran Rp13.000-Rp14.000 per kilogram. Sedangkan telur dijual Rp22.000 per kilogram dan bawang merah Rp16.000 per kilogram.

Dikatakan, saat ini harga beras masih menjadi masalah utama yang harus segera diturunkan sehingga distribusi beras stabilisasi pasokan dan harga pangan (SPHP) terus diintensifkan dalam program operasi pasar murah.

“Pada operasi pasar murah kami sediakan 1 ton beras medium, telur 400 kilogram, dan bawang merah 100 kilogram,” katanya.

Menurut dia, pihaknya akan terus menyebarluaskan informasi kegiatan program operasi pasar murah ini agar masyarakat terbantu dengan naiknya harga kebutuhan pokok di pasar.

“Kami mengapresiasi respons positif warga. Kendati demikian karena penyebarluasan informasi yang kurang maksimal dan terkendala jarak yang cukup jauh maka ada sebagian bahan kebutuhan pokok yang tersisa pada kegiatan operasi pasar murah itu,” katanya. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)