Jelang Pemilu, Rekam Data e-KTP Pemilih Pemula di Batang Terus Digencarkan

BATANG, Lingkarjateng.id Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang terus mengoptimalkan perekaman foto kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP) pada pemilih pemula, khususnya untuk pelajar, dengan membuka layanan sistem jemput bola ke sejumlah lembaga pendidikan dan membuka layanan di setiap kecamatan.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Batang, Wilopo mengatakan bahwa, hingga saat ini tercatat ada sekitar 11.000 calon pemilih pemula yang belum memiliki e-KTP.

“Ya, kami pastikan setiap hari memberikan layanan perekaman foto KTP elektronik. Khusus pada setiap hari Minggu kami membuka pelayanan di kantor mulai pukul 08.00 hingga 15.00 WIB,” kata Wilopo, pada Selasa, 10 Oktober 2023.

Jelang Pemilu 2024, Stok Blangko e-KTP di Batang Terbatas

Menurutnya, optimalisasi pelayanan perekaman foto e-KTP bagi pemilih pemula yang didominasi para pelajar ini sebagai upaya agar mereka bisa menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2024.

Selama Agustus hingga September 2023, kata dia, sudah ada 3.000 calon pemilih pemula yang telah melakukan perekaman foto, dan 8.000 di antaranya masih dalam proses.

Pemilu 2024, Pemilih Pemula di Batang Tercatat 51.753 Orang

Wilopo yang didampingi Operator Sistem Informasi Administrasi dan Kependudukan (SIAK) Tri Asih mengatakan bahwa, pihaknya siap melakukan penjadwalan agar seluruh pelajar berusia 16 tahun dapat segera melakukan perekaman foto e-KTP.

Untuk mengejar target calon pemilih pemula, pihaknya juga siap memberikan pelayanan perekaman foto e-KTP di Mal Pelayanan Publik (MPP) Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Batang.

“Selama Oktober 2023, kami telah menjadwalkan perekaman foto terhadap calon pemilih pemula untuk datang langsung ke Mal Pelayanan Publik. Perekaman foto setiap Senin hingga Kamis mulai pukul 08.00 sampai dengan15.00 WIB,” ujarnya. (Lingkar Network | Anta – Lingkarjateng.id)